Kata - kata Bijak Hari Ini :

Menyia-nyiakan Usia Untuk Bekerja Pada Atasan Yang Salah

Anak buah membayar pengabdiannya kepada atasannya, dengan usia. Jika anak buah salah memilih atasan, dia telah menyia-nyiakan usianya.

Men pay his devotion to his superiors, with age. If a child is the fruit of selecting a boss, he had wasted his age.
~ Mario Teguh

ORGANISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

ORGANISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

A. Perpustakaan Seklah Sebagai Unit Kerja
1. Pengertian 
  1. Perpustakaan adalah unit kerja yang memiliki sumber daya manusia, ruang khusus, dan koleksi bahan pustaka sekurang-kurangnya 1000 judul terdiri dari berbagai disiplin ilmu yang sesuai dengan jenis perpustakaan yang berangkutan.
  2. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan sekolah, yang merupakan bagian integral dari sekolah yag bersangkutan, dan merupakan sumber belajar  untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yag bersangkutan.
  3. Yang termasuk dalam pengertian perpustakaan sekolah adalah :
  • Perpustakaan sekolah dasar
  • Perpustakaan sekolah lanjutan tingkat pertama
  • Perpustakaan sekolah menengah umum
  • Perpustakaan sekolah menengah kejuruan
  • Perpustakaan madrasah ibtidaiyah
  • Perpuistakaan madrasah tsanawiyah
  • Perpustakaan madrasah aliyah
  • Dan lain-lain sesuai jenjang dan bentuk satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada Undang-undang Nomor 43 Tentang Perpustakaan..

2. Tujuan
Perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dan bagian integral  dari   sekolah bersama-sama dengan sumber belajar lainnya bertujuan      mendukung proses kegiatan belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

3. Fungsi
Perpustakaan sekolah sebagai perangkat pendidikan di sekolah merupakan bagian integral dalam sistem kurikulum sekolah berfungsi sebagai :
  1. Pusat kegiatan belajar mengajar
           Perpustakaan sekolah menyediakan koleksi bahan pustaka untuk mendukung proses belajar mengajar

     2.   Pusat penelitian sederhana

           Perpustakaan sekolah menyediakan koleksi bahan pustaka yang bermanfaat untuk melaksanakan  penelitian sederhana peserta didik.
 
      3.    Pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi.

             Perpustakaan sekolah menyediakan koleksi bahan pustaka yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan memperdalam ilmu pegetahuan serta rekreasi intelektual bagi peserta didik dan tenaga kependidikan.

B.    Prosas Pembentukan Perpustakaan

Berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tentang Perpustakaan., sekolah wajib memiliki perpustakaan.

Langkah-langkah pembentukan perpustakan sekolah :

1. Menetapkan landasan hukum

Kepala sekolah menetapkan Keputusan tentang penyelenggaraan perpustakaan, antara lain berisi : struktur organisasi, tata cara penyelenggaraan, serta tem[pat dan waktu penyelenggaraan.

2.  Menetapkan Sumber Daya Manusia

Kepala sekolah menunjuk tenaga pengelola perpustakaan sekolah yaitu guru atau tenaga lain yang diberi tugas mengelola perpustakaan sekolah.  Jumlah dan spesialisasi petugas perpustakaan dfiharapkan sesuai dengan fungsi-fungsi perpustakaan.

3.  Menyediakan Koleksi

Kepala sekolah menyediakan koleksi yang dapat dipinjamkan, minimal koleksi dasar.

4.   Gedung dan Perabot

Kepala sekolah menyediakan gedung/ruang atau tempat khusus untuk perpustakaan, serta perabot perpustakaan yang mutlak diperlukan  untuk penyimpanan, pengolahan, dan pelayanan.

5.   Menyediakan dan memprogramkan angaran

Kepala sekolah menyediakan dan memprogramkan anggaran tetap untuk penyelenggaraan perpustakaan sekolah

C.    Struktur Organisasi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah sebagai bagian integral dari sekolah berada di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah.  Perpustakaan sekolah sebagai sumber   belajar, kedudukannya sejajar dengan sumber belajar lainnya seperti laboratorium, ruang keterampilan/kesenian, dan bengkel kerja praktek.   Perpustakaan sekolah adalah unit kerja yang melakukan kegiatan/fungsi  pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan pendayagunaan koleksi bahan pustaka untuk mendukung proses belajar mengajar.
 
Kegiatan-kegiatan/fungsi-fungsi tersebut dalam istilah perpustakaan dikelompokan menjadi dua :
  1. Layanan teknis yaitu kegiatan pengadaan dan pengolahan bahan  pustaka
  2. Layanan pengguna yaitu kegiatan yang memberikan layanan kepada  penguna perpustakaan seperti layanan sirkulasi ( peminjaman), layanan rujukan (referensi), dan layanan membaca
Untuk melaksanakan fungsi-fungsi terebut, perpustakaan sekolah dipimpin  oleh Kepala perpustakaan Sekolah yang ditunjuk/ditetapkan berdasarkan s urat tugas/surat keputusan Kepala sekolah. Kepala Perpustakaan Sekolah dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh  tenaga yang bertugas melaksanakan fungsi layanan teknis dan layanan  pengguna. Tenaga yang bertugas dalam layanan teknis dan layanan pengguna  bertanggung jawab kepada kepala perpustakaan.

***
Category: ,
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar